Header Ads

Breaking News
recent

Review Nokia Lumia 630 - Pengalaman Pribadi

Udah sekian lama gk buka dan ngurus di Blog, akhirnya kepikiran buat bikin postingan tentang Review Nokia Lumia 630.
kebetulan saya sudah memakainya sekitar 1 Bulan, dan sekarang mungkin mau mencoba Reviewnya berdasarkan Pengalaman Pribadi saya.
oh iya pas awal beli saya tergolong dapat suatu kesialan, mengapa saya bilang kesialan, karena saya mencari di beberapa toko tidak ada yang jual Nokia, karena memang sudah tidak begitu banyak peminatnya, apalagi Lumia 630 tergolong baru, ditambah lagi sekalinya ketemu pasti harganya masih 2.3Juta (saya liat di internet hanya 2Jt kurang),  dan ketika bertemu yang harganya 1.925 malah kena kesialan, HP yang diberikan tidak mau nyala (Bootloop) hingga akhirnya saya masih harus menunggu barang yang lainnya dikirim, sunggu sial.


Performance

Untuk Segi Performance sudah lumayan lah, dengan Prosesor Qualcomm 400 MSM8226 Quad Core 1.2GHz Cortex A7, GPU Adreno 305, dan Ram 512 MB.
menurut saya sudah terasa Sagat Smooth sekali, gk ada Lag sama sekali, ya walaupun Ramnya cuman 512MB tapi HHnya terasa sangat Smooth sekali.
bahkan untuk main game yang menurut saya memang rada berat GT Racing 2. tidak terasa Lag, bahkan Smooth sekali.
ya tapi karena banyak orang yang beranggapan Ram adalah aspek penting, bahkan kebanyakan mereka beranggapan Ram minimal suatu Smartphone itu 1GB, oleh karena itu pasti orang yang ingin membeli Nokia Lumia ini pasti berpikir dua kali, walapun sebenarnya Windows Phone dengan Ram 512MB Sudah Cukup Lancar, tanpa adanya Lag saat pengoprasiannya, ya banyak juga pengguna Windows Phone yang beranggapan Ram itu gk begitu penting di Windows Phone, Windows Phone High End dan Low End itu tidak ada bedanya pada saat kita operasikan.

Saat saya mencoba mengetest Benchmark di Windows Phone dengan aplikasi Antutu, hasil yang didapatkan hampir menginjak Skor 12000, ya walaupun sebenarnya Benchmark itu bukan suatu patokan untuk membeli sebuah Smartphone.

Kamera
5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, 1/4inch sensor size, geo-tagging, panorama, Video 720p@30fps, Kamera depan tidak ada.

Mungkin banyak orang yang beranggapan Resolusi adalah Hal terpenting untuk pemilihan Kamera Smartphone, namun menurut saya anggapan yang seperti itu salah besar, Kamera dengan Resolusi besar namun dengan Lensa yang buruk maka hasilnya juga pasti akan Terlihat buruk, walapun Resolusi kamera tersebut 20MP sekalipun, namun jika Lensanya jelek pasti masih bagusan yang kecil tapi lensanya terjamin.


 
 
Dengan Kamera 5MP, menurut saya hasilnya biasa saja juga, kerena memang Lensanya belum dilengkapi Lensa Carl Zeiss dan tidak ada teknologi Pure Previewnya, jadi ya menurut saya hasilnya terbilang biasa saja, tapi memang jika dibandingkan Kamera 5MP lainnya yang pernah saya pegang, Lumia tergolong cukup baik. 
dan untuk hasil Lowlightnya menurut saya masih tergolong biasa saja, karena masih ada titik titik nya ketika kita memoto dengan kekurangan Cahaya.
 
Untuk Hasil Lowlightnya mungkin akan saya update nanti, karena sekarang saya belum sempat memoto di ke adaan lowlight
 
Walapun kamera depan tidak ada kalian tetap bisa Selfie kok pake kamera Belakang, dengan bantuan aplikasi Lumia Selfie, jadi nanti pada saat kamera sudah pas maka akan ada suara.
 
 
 
Layar
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 854 pixels, 4.5 inches (~218 ppi pixel density),
Corning Gorilla Glass 3, ClearBlack display.

Dengan Layar Bertipe IPS, Dan Resolusi 480x854 pixel sudah lumayan jernih layarnya, ya walau jika dibandingkan Smartphone yang memiliki ppi sekitar 300 ke atas jelas beda jauh, namun dengan kisaran harga segitu, dan layar segitu, hasil yang di dapatkan Layarnya sudah cukup jernih.
dan dengan Pelindung Gorilla Glass 3 menurut saya layarnya sudah cukup kuat, (saya pernah mencoba membaretkannya dengan penggaris besi, dan tidak ada goresan, tapi jangan pernah mencobanya, karena sesungguhnya layar Gorilla Glass pasti tetap saja masih bisa tergores)
dan satu lagi ClearBlack Display, atau saya sering menyebutnya Pure Black, karena memang layar terlihat cukup Gelap jika dimatikan. dengan Teknologi ClearBlack maka pada saat kita berada di bawah matahari Layar Lumia ini masih terlihat dengan Jelas.
 
Fitur Fitur
Sensor, Aplikasi, Dll
 
dibeberapa Situs mungkin mencantumkan Sensor Proximity,
namun setelah saya cari cari tidak ada Kamera yang kecilnya itu loh :v.
jadi menurut saya Sensor Proximitynya tidak ada, dan jika ada yang bertanya. loh nanti jika nelepon kepencet gimana?
tenang saja, jika kita sedang bertelepon Layar akan otomatis mati jika terpencet. tapi karena bukan karena bantuan sensor Proximity menurut saya agak terasa tergangu, karena jika kita ingin mematikan Telepon layar Ponsel ini malah mati sendiri saat kita sentuh, jadi cukup membantu namun mengganggu.
 
Untuk aplikasinya, OfficeLens saya sarankan buat anda, jika memang suka memoto papanboard, buku, dokumen, dll.
karena  dengan OfficeLens maka Dokumen yang kita foto maka akan otomatis Crop, dan ini sangat sangat berguna sekali
Contoh hasil Officelens
 
Windows Phone 8.1 juga bisa memindahkan Aplikasi dan Game ke memory External, tanpa harus di Root, seperti di Android, namun jika anda ingin mencicipi fitur ini, sangat sangat disarankan menggunakan SDCard dengan Class 10, karena jika menggunakan SDCard class 2 maka akan lemot dalam pembacaan aplikasi, dan sangat tidak disarankan.
 
Aplikasi Chat
aplikasi Chat seperti Line, BBM, WA (ane belum coba WA Windows Phone, jadi blm bisa komen) menurut saya masih banyak kekurangannya, apalagi jika kita menggunakan Provider yang tidak stabil di daerah kita, maka Pesan yang dikirimkan teman ke kita tidak akan pernah sampai, walaupun sudah ada notifikasinya.
jadi cara kerja aplikasi Chat (Line, BBM) Di WP itu pertama saat teman kita mengirim pesan maka otomatis akan ada notifikasi, namun saat kita buka aplikasinya maka Pesan tersebut belum sampai, karena kita harus mendownloadnya terlebih dahulu, jadi jika Jaringan sangat lemot dan tidak stabil maka Pesan akan lama sampainya. jadi menurut saya masih sangat kurang di bagian Chat, bahkan terkadang Line tidak ada notifikasi walapun teman telah mengirim pesan, namun ketika kita buka Linenya tiba tiba ada pesan masuk, entah memang ini Bugnya hanya di Line Windows Phone, atau memang di Android juga sama, soalna pacar saya :v yang menggunakan Android juga katanya Linenya tidak ada Notifikainya, akhirnya balesnya terkadang lama :v
sebenarnya juga untuk aplikasi lain juga masih kurang, karena jarang ada update, entah mengapa Update sangat jarang, namun aplikasi Windows Phone walau sedikit juga menurut saya pada sangat berguna sekali.



Kelebihan :
-Prosesor tergolong bagus (Qualcomm 400 MSM8226) Quad Core
-GPU Tergolong Lumayan (Adreno 305)
-Sudah Menggunakan Gorilla Glass 3, dan Clear Black Display
-Dual Sim (walau saya hanya menggunakan 1 Simcard saja)
-Smooth tidak ada Lag sekali pada Pengoprasiannya
-Pilihan Warnanya banyak, jadi Terlihat berwarna HPnya

Kekurangan :
-Ram hanya 512MB, (walau tidak Lag tapi aplikasinya tidak sebanyak yang 1GB, ya mungkin karena yang 512MB masuk Low-End jadinya aplikasi yang 1GB lebih banyak, walau sebenarnya juga Aplikasi untuk Ram 1GB bisa jalan di 512MB dengan baik, kalo memang ngebet mau main game Ram 1GB di 512MB bisa di deploy)
-Kamera cuman 5MP, tidak dilengkapi Carl Zeiss dan PurePreview
-Paket Penjualan tidak dilengkapi kabel USB dan Earphone


Kesimpulan :
Jika memang mau mencoba hal yang berbeda mungkin Windows Phone adalah Pilihannya, namun jika memang membutuhkan aplikasi yang banyak pilih OS sebelah saja.
dan jika memang membutuhkan Smartphone yang Smooth tidak ada Lag sama sekali Windows Phone adalah Pilihannya,
eh iya Windows Phone menurut saya lebih baik yang Nokia saja, dan jika Budget terbatas Lumia 630 mungkin bisa menjadi Pilihan.



sekaian terima kasih, mohon maaf jika terdapat kesalahan kata, atau ada yang tersinggung oleh tulisan saya, saya mohon maaf sebesar besarnya.

No comments:

Powered by Blogger.